SMK Kristen Petra Surabaya

logo SMK KRISTEN PETRA SURABAYA

SEJARAH

STM/SMK Kristen Petra didirikan pada tanggal 16 Februari 1970, bertempat di Jalan Tanjung Anom 17, Surabaya, dan berada tepat di depan SMP Negeri 4, Surabaya. Program keahlian yang pertama kali dibuka di STM/SMK Kristen Petra adalah jurusan Teknik Mesin.

Alasan Dewan Pengurus PPPK Petra mendirikan STM berdasarkan beberapa pertimbangan, antara lain:

  1. Banyak terdapat anak-anak putus sekolah di kalangan masyarakat pada saat itu.
  2. Peluang kerja anak-anak yang putus sekolah untuk terjun dunia kerja sangat kecil, karena kalah bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi.
  3. Dunia industri sangat membutuhkan tenaga kerja terampil (skilled employee).

Pada awal pembukaan STM/SMK Kristen Petra di Jalan Tanjung Anom 17, Surabaya, murid yang terdaftar sebanyak lima puluh siswa untuk kelas I, yang dibagi menjadi dua kelas. Kepala sekolah yang menjabat pada saat itu adalah Bapak Soelkan, B.A. Dikarenakan lokasi dan sarana perlengkapan kurang memadai, Dewan Pengurus PPPK Petra berencana akan memindahkan lokasi STM/SMK Kristen Petra.

Dengan luas tanah ± 32,080 m2, panitia pembangunan STM yang diketuai oleh Bapak J. Budihardjo, pada tanggal 1 Oktober 1973, melaksanakan pembangunan gedung SMK Kristen Petra.

Pembangunan tahap pertama meliputi gedung utama, ruang perpustakaan, ruang tata usaha, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan gudang. Pembangunan tahap kedua meliputi ruang-ruang teori dan ruang gambar. Pembangunan tahap ketiga meliputi ruang praktik kerja pelat dan kerja bangku. Selanjutnya pembangunan tahap keempat meliputi ruang kantin, tempat sepeda, dan rumah penjaga.

Pada tahun ajaran 1975/1976, tepatnya tanggal 6 Januari 1975, STM Kristen Petra jurusan mesin resmi dibuka, dan kepala sekolahnya dijabat oleh Bapak Soelkan, B.A. Kemudian pada tanggal 20 November 1978, disusul dengan pembangunan jurusan teknik listrik. Dan pada tahun 1985, dimulai pembangunan gedung elektronika dan otomotif.

Visi

Menjadi sekolah menengah kejuruan (baik teknologi dan teknologi informasi) yang holistic, inspiratif dan berprestasi dengan sepenuh hati bagi Tuhan dan sesama.

Misi

Melaksanakan proses pendidikan, pengajaran dan pelatihan yang siswa, pengajar, dan staf lainnya mampu mengenal, menumbuhkan dan menggunakan, serta menikmati seluruh potensi yang Tuhan sudah karuniakan sebagai berkatnya sehingga dirinya, baik sebagai pribadi maupun sebagai tim kerja menjadi berkat bagi orang lain.

PROGRAM KEAHLIAN

  • Teknik Elektronika Industri
  • Teknik Permesinan
  • Teknik Kendaraan Ringan
  • Teknik Komputer dan Jaringan

FASILITAS

  1. Ruang BK.
  2. Ruang Perpustakaan.
  3. Ruang UKS.
  4. Ruang Laboratorium Komputer.
  5. Ruang Laboratorium IT.
  6. Ruang Laboratorium Fisika/Kimia.
  7. Ruang Laboratorium Bahasa.
  8. Lapangan Olahraga (bola basket, dan lain-lain).
  9. Bengkel Praktik Elektronika.
  10. Bengkel Praktik Perakitan komputer.
  11. Bengkel Praktik Las.
  12. Bengkel Praktik Mesin Konvensional (bubut, frais, skrap).
  13. Bengkel Praktik Kerja Bangku.
  14. Bengkel Praktik KBL.
  15. Bengkel Praktik CNC.
  16. Bengkel Praktik Otomotif Mesin Bensin.
  17. Bengkel Praktik Otomotif Mesin Diesel.
  18. Bengkel Praktik Otomotif Kelistrikan.
  19. Ruang Gambar.
  20. Ruang UPJ.
  21. Ruang OSIS.

Alamat : Jl. Jemur Andayani XVI No.16-18, Siwalankerto, Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60236

Akreditasi : A

Telp : (031) 8417391

Faks : (031) 8412065

Lihat Lebih Lanjut http://smk.pppkpetra.or.id/